Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Dalam struktur organisasi Universitas Katolik Widya Karya Malang (UKWK), yang tercantum dalam Statuta, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) merupakan salah satu unsur pelaksana akademik. Kegiatan penjaminan mutu merupakan komitmen universitas yang melibatkan seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan sehingga implementasi penjaminan mutu perlu dilakukan dan diorganisasikan secara terstruktur. Organisasi penjaminan mutu UKWK secara resmi dibentuk pada tanggal 20 Februari 2012 berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 004/R/SK/C/II/2012 dengan nama Pusat Penjaminan Mutu (PPM). Penanggungjawab utama dari organisasi penjaminan mutu di tingkat universitas adalah Rektor dengan pelaksananya adalah PPM. Penjaminan mutu di tingkat fakultas dan program studi melekat (embeded) pada jabatan Dekan dan Ketua Program Studi.

Pasal 41 Statuta menyatakan bahwa:

  • Pusat Penjaminan Mutu (PPM) merupakan unsur pengendali dan pengarah organisasi dalam hubungannya dengan mutu baik secara akademik dan non akademik.
  • Pusat Penjaminan Mutu (PPM) dipimpin oleh seorang Kepala PPM yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor.
  • Tugas PPM adalah:
  1. menjamin mutu penyelenggaraan dan pengelolaan lembaga secara internal,
  2. melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tiap program agar sesuai dengan perencanaan dan indikator kinerja yang terukur, dan
  3. memberikan saran dan masukan terhadap pelaksanaan program setiap unit kerja.

Tugas dan tanggung jawab organisasi penjaminan mutu secara rinci terlihat pada tabel berikut ini.

Tabel Rincian Tugas dan Tanggung Jawab Organisasi Penjaminan Mutu

TINGKAT UNIT RINCIAN TUGAS
Universitas Pusat Penjaminan Mutu Mengkoordinasikan pengembangan SPMI.
Menyusun kerangka acuan Penjaminan Mutu Akademik
Menyusun buku Pedoman dan Tata Cara Evaluasi Internal penjaminan mutu akademik
Memantau pelaksanaan jaminan mutu proses pembelajaran.
Mengembangkan instrumen evaluasi internal penjaminan mutu akademik
Melakukan koordinasi dengan unit penjaminan mutu di tingkat fakultas,  program studi dan unit kerja terkait lainnya.
Melaporkan hasil evaluasi internal akademik pelaksanaan penjaminan mutu akademik kepada rektor
Memberikan rekomendasi kepada rektor dan unit-unit pelaksana akademik dalam rangka perbaikan proses penjaminan mutu akademik
Melaksanakan audit akademik internal.
Fakultas Penjaminan Mutu Akademik Fakultas Mengkoordinasikan dan mendorong pengembangan SPMI di lingkungan fakultas.
Melakukan kerjasama dan koordinasi dengan PPM dalam penyelenggaraan penjaminan mutu akademik di fakultas
Mengarahkan pengembangan SPMI di lingkungan fakultas
Menentukan kebijakan mutu proses pembelajaran di lingkungan fakultas.
Melakukan pembinaan terhadap tim penjaminan mutu akademikdi tingkat program studi.
Menelaah pelaksanaan proses pembelajaran di tingkat   program studi di lingkungan fakultas.
Mengarahkan tindakan peningkatan mutu proses pembelajaran di lingkungan fakultas.
Program Studi Penjaminan Mutu Akademik Program studi Menentukan sasaran mutu proses pembelajaran di lingkungan program studi.
Melaksanakan dan mengendalikan mutu proses pembelajaran.
Merancang dan mengimplementasikan kegiatan peningkatan mutu proses pembelajaran.

Perubahan struktur organisasi PPM dan pejabat PPM mengacu pada perkembangan kebutuhan penjaminan mutu perguruan tinggi. Berdasarkan SK Rektor No. 008/R/SK/C/II/2012, tanggal 21 Februari 2012 maka PPM dipimpin oleh seorang Kepala PPM dan dibantu oleh seorang Sekretaris. Pejabat dan struktur organisasi PPM selanjutnya berubah berdasarkan SK Rektor No. 042/R/SK/Q/VIII/2013. Susunan pejabat PPM terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan 4 (empat) anggota. Para anggota adalah dosen yang mewakili setiap fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum.

Pejabat dan struktur organisasi PPM saat ini berdasarkan pada SK Rektor No. 013/R/SK/Q/III/2015 tentang Pengangkatan Pejabat Pusat Penjaminan Mutu (PPM), tanggal 19 Maret 2015. Susunan pejabat PPM terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan 4 (empat) divisi, yaitu Divisi Sistem Manajemen Mutu, Divisi Monitoring dan Evaluasi, Divisi Sistem Informasi, dan Divisi Updating Informasi. Untuk memperlancar kegiatan administrasi, PPM didukung oleh 1 (satu) tenaga kependidikan berdasarkan Surat Tugas Rektor No. 091/Unika/Tgs/C/X7/2016, Struktur organisasi PPM seperti terlihat pada gambar berikut ini.