Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Implementasi penjaminan mutu internal dalam SPMI melalui suatu tahapan penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan mutu yang berkelanjutan dengan menggunakan model Manajemen Kendali Mutu Plan-Do-Check-Action (PDCA) yang mengacu pada visi, misi dan tujuan UKWK, Renstra dan Kebijakan SPMI dalam waktu tertentu, yaitu 1 (satu) semester, 1 (satu) tahun atau 1 (satu) kalender akademik dan diikuti oleh siklus yang sama pada periode berikutnya. Standar mutu ditetapkan dalam upaya penjabaran mutu kegiatan tridharma perguruan tinggi di UKWK untuk menghadapi tuntutan perkembangan jaman pada segala tingkatan baik untuk masa kini maupun masa depan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Standar mutu ini dijadikan landasan dan pedoman bagi pelaksanaan pengembangan program, sumberdaya, prosedur kegiatan dan evaluasi. Tujuan ditetapkan standar mutu adalah dalam rangka penjaminan mutu UKWK dan pencapaian visi, misi, dan tujuan. Butir-butir standar mutu meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penelitian, standar pengabdian kepada masyarakat, dan standar kerjasama.

Evaluasi standar mutu dilakukan dengan audit mutu untuk menjamin kelayakan mutu dengan membandingkan proses yang telah dilakukan terhadap standar yang sudah ditetapkan. Universitas menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi dengan me-review laporan dan melakukan tindakan preventif maupun korektif yang diaplikasikan dalam pelaksanaan standar sebagai tindakan dari pengendalian mutu. Upaya peningkatan standar mutu dilakukan untuk menghasilkan continuous quality improvement pendidikan tinggi di UKWK.