Sejarah Pendirian PPM UKWK

   Dalam Rapat Senat tanggal 18 Juli 2008, Universitas Katolik Widya Karya (UKWK) Malang telah memutuskan untuk membentuk Pusat Penjaminan Mutu (PPM) yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor. Pusat Penjaminan Mutu melakukan koordinasi dan integrasi dengan program penjaminan mutu di tingkat fakultas maupun program studi (prodi). Untuk mempersiapkan hal tersebut, UKWK menerbitkan Surat Tugas No. 007/Unika/Tgs/Q/I/2009 tentang Tim Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu, sebagai embrio terbentuknya Pusat Penjaminan Mutu (PPM) yang sedang dalam proses pengesahan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Katolik (PTK) Adisucipto Malang sebagai badan penyelenggara UKWK. Fungsi dan peran dari tim ini meliputi bidang akademik (Tridharma Perguruan Tinggi) dan non akademik. Persiapan ini terhitung mulai tanggal 01 Februari 2009, sampai dikeluarkannya SK Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu oleh Yayasan. Tim bertanggungjawab langsung kepada Rektor dan melaporkan perkembangan hasil tugas yang diberikan secara berkala dan atau permintaan pimpinan universitas kepada Rektor.

Beberapa kegiatan yang telah diikuti dan dilaksanakan oleh Tim Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu ini antara lain sebagai berikut.

  1. Sosialisasi Program Pusat Penjaminan Mutu

Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 7 April 2009. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan program kerja dari Pusat Penjaminan Mutu. Materi presentasi sosialisasi program PPM dapat dilihat pada Lampiran 1.

  1. Workshop Balanced Score Card (BSC) pada Dunia Pendidikan

Workshop ini diselenggarakan oleh Lembaga Jaminan Mutu Pendidikan (LJMP) UNIKA Soegijapranata Semarang pada tanggal 7-8 April 2009 dan bertujuan untuk melakukan perbaikan atas penilaian kinerja di lingkungan perguruan tinggi yang sifatnya continous dan lebih sustainable, dengan menghadirkan Prof. Richardus Eko Indrajit, Ph.D. selaku Instruktur/Trainer Workshop. Acara ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai instansi Pemerintah, Konsultan (Praktisi) Pendidikan, Dosen PTS/PTN, Manajemen Representative/Wakil Manajemen Mutu Perguruan Tinggi dari berbagai kota di Pulau Jawa.

  1. Executive Briefing mengenai ISO 9001: 2008

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 30 April 2009 bertempat di Aula UKWK Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan konsep ISO 900: 2008 yang diimplementasikan pada perguruan tinggi. Pemateri kegiatan ini adalah Prof. Dr.-Ing. LMF. Purwanto & Hermawan, S.T., M.T. (Konsultan Manajemen-TrainingAuditing “Nusa Cipta Bersama”). Kegiatan ini dihadiri oleh 28 dosen dan staf, serta 2 (dua) undangan tamu.

  1. Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi di indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas melalui Direktorat Akademik mengadakan Diseminasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi pada hari Kamis – Sabtu, 3 – 5 September 2009 di Hotel Sahid Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Tim Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu. Beberapa pokok bahasan yang didiskusikan dalam acara ini antara lain mengenai Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Internal, Pangkalan Data Perguruan Tinggi, Standar Kompetensi Lulusan, dan e-Learning.

   Capaian kerja dari Tim Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu juga meliputi penyusunan rancangan sistem penjaminan mutu yang diharapkan akan dapat diimplementasikan dalam kegiatan penjaminan mutu UKWK. Langkah-langkah yang ditempuh sebagai konsekuensi fungsi pelaksanaan penjaminan mutu adalah sebagai berikut.

  1. Persiapan Dokumen :
A. Dokumen Prodi :
  • Renstra Fakultas (mengacu Renstra Universitas)
  • Pedoman Akademik Fakultas
  • Kalender Akademik
  • Rencana Kerja Prodi
  • Dokumen Pelaksanaan Prodi:
  1. Visi dan misi prodi
  2. Kurikulum prodi
  3. Desain instruksional mata kuliah
  • Analisis instruksional (bagan peta kompetensi)
  • Silabus mata kuliah
  • Kontrak perkuliahan
  • Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sekurang-kurangnya Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
  • Dokumen pelaksanaan perkuliahan
  1. Daftar hadir mahasiswa
  2. Jurnal mata kuliah
  • Dokumen pendukung
  1. Berita acara rapat koordinasi dan evaluasi jurusan atau prodi,
  2. Daftar hadir dosen di jurusan atau prodi
  3. Hasil evaluasi mata kuliah (kumpulan nilai MK di Prodi, transparansi penilaian, evaluasi isi mata kuliah, evaluasi pembelajaran oleh mahasiswa)
B. Dokumen PPM :
  • Prosedur Kerja
  • Instruksi Kerja
  • Formulir
  1. Persiapan Formulir dan Mekanisme Monitoring dan Evaluasi
  2. Sosialisasi Formulir dan Mekanisme Monitoring dan Evaluasi
  3. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

 Rancangan mekanisme kerja implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi yang diusulkan oleh Tim Pembentukan Pusat Penjaminan Mutu terlihat pada bagan berikut ini.